Beberapa teknik pertolongan pertama cedera


Pertolongan pertama pada otot yang terkilir :
§              Ice Compresing : perawatan dengan air dingin adalah hal utama yang harus anda lakukan agar mengurangi pembengkakan serta rasa nyeri dibagian yang cedera. Kompres ES merupakan bagian dari standar pertolongan pertama pada otot yang terkilir,  terutama begitu terjadi cedera dan masa 2 x 24 jam sesudahnya. “Guna es ini adalah sebagai anti nyeri dan membekukan perdarahan agar tidak meluas. Bila diberi kompres panas, perdarahan akan semakin encer dan meluas,” kata dr.Michael Triangto, Sp.OK.
Pertolongan pertama pada kram otot :
§       Kram pada kaki : Korban dibantu berdiri dan berat badannya ditahan dengan kaki bagian depan. Setelah kejang pertama berlalu, pijat kakinya.
§        Kram pada betis : Lutut korban diluruskan, kaki ditekan dengan kuat dan mantap ke atas mengarah ke tulang kering. Pijat oto tnya.
§      Kram pada paha : Untuk kejang pada paha bagian belakang, lutut korban diluruskan dan kakinya diangkat. Untuk kejang pada paha bagian depan, lutut ditekuk. Pada kedua paha, pijat ototnya kuat-kuat.
Pertolongan pertama untuk menghentikan pendarahan :
LUKA TERBUKA
Luka terbuka biasanya menyebabkan PERDARAHAN. Yang harus segera Anda lakukan adalah menghentikan perdarahan.
§     Tutup luka dengan kain bersih atau dengan tangan lalu BERIKAN TEKANAN LANGSUNG pada luka. Beri perban bila darah merembes keluar. Tetap berikan tekanan kuat sampai dokter datang. Bila memungkinkan, penolong sebaiknya memakai sarung tangan.
§         Bila perawatan darurat lainnya diperlukan, gunakan PERBAN TEKAN agar kain tidak bergeser.
Ikat dengan kuat namun jangan terlalu ketat sehingga menutup aliran darah pada luka.
Pasti anda tak asing dengan kata - kata ini. "Mencegah lebih baik daripada mengobati". Listen to your body, Bergeraklah dan berlatihlah sesuai dengan kemampuan tubuhmu. Jangan terlalu 'mendorong' dirimu terlalu keras sampai batas kemampuan dirimu.Bersantailah, karena masih ada hari esok untuk berlatih lagi.Ingat, safety first!
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sabha Bawana - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger